10 Makanan Yang Dapat Merawat Jantung Anda

Jantung Sehat - Keluarga - Bayi Sehat

Setiap tanggal 29 September seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Dalam rangka hari jantung sedunia, mari kita memberikan perhatian lebih spesial untuk jantung kita. Sudah selayaknya kita lebih memperhatikan jantung kita - karena jantung adalah otot yang paling sibuk diantara seluruh otot pada tubuh kita.

Sepanjang waktu kita telah disibukkan oleh rutinitas harian, sehingga seringkali kita lupa dengan apa yang dibutuhkan oleh jantung kita. Namun, dengan membuat pilihan yang sehat bagi jantung setiap hari, Anda memiliki kekuatan untuk menyehatkan bukan hanya jantung Anda, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan.



Makanan sehat sangat penting bagi kesehatan jantung. Dibawah ini 10 makanan tergolong superfood (makanan super) yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda:

1. Salmon
Ikan ini adalah pilihan yang paling populer untuk kesehatan jantung karena kaya dengan asam lemak omega-3 yang membantu dalam pencegahan pembekuan darah, menjaga darah mengalir ke seluruh tubuh, dan menurunkan trigliserida yang berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Menurut American Heart Association, targetkan setidaknya dua porsi oily fish (ikan yang kaya dengan asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna atau makarel)  seminggu sekali. Ukuran porsi yang disarankan kira-kira 3,5 ons, atau seukuran mouse komputer.

2. Kacang-kacangan
Kacang kenari, kacang almond, kacang mete, dan pistasio adalah sumber omega-3 yang baik. Kacang adalah pilihan yang lebih ekonomis untuk mendapatkan lemak omega-3, dan peneliti mengatakan bahwa mengemil jenis kacang-kacangan diatas sekitar 5 ons seminggu dapat membantu melindungi Anda dari penyakit jantung.


3. Susu atau Yogurt Bebas Lemak/Rendah Lemak
Produk susu dikenal tinggi potassium, yang membantu menurunkan tekanan darah. Susu bebas lemak atau rendah lemak mengandung sedikit lemak jenuh. Lemak jenuh merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam darah.



4. Raspberi
Kaya dengan antioksidan, serat, dan Vitamin C, raspberry dan buah beri lainnya adalah cara yang sehat dan lezat untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.


5. Chickpea atau Kacang Garbanzo
Kacang jenis ini adalah makanan sehat dan serbaguna bagi jantung yang populer. Kacang kecil yang ajaib ini adalah sumber serat larut yang fantastis, dimana serat larut ini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL).



6. Oatmeal
Oat mengandung serat yang disebut beta-glucan yang membantu menurunkan LDL. Konsumsi setidaknya satu setengah cangkir oatmeal untuk membantu menurunkan LDL Anda.


7. Alpukat
Alasan mengapa buah alpukat ini memiliki tekstur yang seperti krim adalah karena lemak “baik” yang ditemukan di dalamnya. Lemak ini membantu menurunkan LDL dan memiliki fungsi anti-inflamasi yang melindungi arteri.



8. Olive Oil (Minyak zaitun)
Olive oil adalah komponen yang umum terdapat dalam makanan Mediterania. Minyak zaitun dikatakan sebagai alternatif yang sehat untuk mentega dan minyak lainnya. Dan membatasi asupan lemak jenuh (yang meningkatkan LDL Anda dan dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri Anda).


9. Cokelat Hitam
Ya ... cokelat hitam (dark chocolate)ada di dalam daftar makanan sehat untuk jantung. Cacao, tanaman yang berasal dari coklat, kaya flavanols. Flavanols membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah, dan antioksidan dalam cokelat membantu menjaga kolesterol "jahat" menempel ke dinding arteri Anda.



10. Anggur
Kandungan resveratrol pada buah anggur memberikan kontribusi pada jantung yang sehat karena membuat trombosit darah saling menempel, mengurangi risiko penggumpalan darah dan mencegah kerusakan pembuluh darah di jantung.


Makanan Sehat untuk Jantung - Mencegah Serangan Jantung

Komentar