Mengkonsumsi Jahe Berlebihan, Adakah Efek Sampingnya?



Jahe diketahui secara luas sebagai bumbu masak ataupun bahan obat-obatan. Manfaat jahe sangat bagus untuk kesehatan, bahkan jahe dinyatakan dapat melindungi terhadap obesitas dan penyakit kronis.

Namun bagaimana bisa jahe dikonsumsi secara berlebihan, apakah ada efek sampingnya? Pada umumnya, apapun yang dikonsumsi secara berlebihan akan memiliki efek buruk.

Beberapa masalah yang dapat terjadi akibat mengkonsumsi jahe secara berlebih:

Dapat menimbulkan masalah pada tekanan darah

Sebagian besar penelitian menyarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak jahe bagi orang yang sedang minum obat untuk tekanan darah tinggi.

Jahe dapat berinteraksi dengan obat-obatan, terutama antikoagulan, beta-blocker dan pengobatan yang menggunakan insulin. Orang yang menggunakan obat untuk tekanan darah tinggi atau diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena mungkin saja tidak perlu terlalu banyak mengkonsumsi obat bila telah meminum teh jahe secara teratur.

Dapat Menimbulkan Masalah pada Ibu Hamil dan Menyusui

Walaupun kebanyakan penelitian menyatakan jahe dapat mengatasi mual pada wanita hamil, namun mengkonsumsi jahe berlebihan dapat menimbulkan resiko persalinan prematur maupun keguguran.

Dapat Menimbulkan rasa panas/terbakar pada perut.

Salah satu efek samping ringan dari teh jahe/air jahe adalah rasa panas atau terbakar di perut, seperti ketika anda makan cabe atau makanan pedas lainnya. Para praktisi herbal menyarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 4 gram jahe dalam satu hari. Jahe jika diminum dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit maag, gas, kembung, mual, atau gangguan perut.

Efek samping pada orang yang mengalami penyakit gangguan darah. 

Jahe menstimulasi sirkulasi dan meningkatkan aliran darah sambil mencegah pembekuan darah. Pada orang yang memiliki gangguan perdarahan atau sedang mengkonsumsi obat yang memperlambat pembekuan darah, hal ini bisa meningkatkan resiko perdarahan.

Memperlambat kenaikan berat badan

Jahe mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk mengatasi obesitas atau melangsingkan tubuh. Sehingga bagi orang yang sedang menjalani program menaikkan berat badan, sebaiknya mengurangi konsumsi jahe.


Semua efek samping diatas dapat terjadi bila jahe dikonsumsi dalam dosis yang berlebih.
Jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat jahe tidak akan menimbulkan efek samping yang berarti. Bahkan The United States Food and Drug Administration (FDA) menganggap jahe sebagai suplemen makanan yang aman dan memasukkan jahe kedalam daftar "generally recognized as safe".

Disclaimer: Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil obat herbal apa pun.
Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasihat ahli medis atau perawatan medis yang berkualitas.

Komentar