Jahe - Obat Tradisional Untuk Flu, Pilek dan Radang Tenggorokan


Tanaman rimpang bernama jahe ini sangat populer di masyarakat. Selain sebagai bumbu masak, akar rimpang yang memiliki rasa agak pedas ini seringkali dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Harganya yang relatif murah dan mudah didapatkan, jahe memang tidak diragukan lagi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Salah satu manfaat jahe adalah untuk mencegah flu dan pilek. Jahe telah digunakan selama berabad-abad di benua Asia sebagai pengobatan ampuh melawan flu, pilek maupun batuk. Melalui penelitian, The University of Maryland Department of Medicine menegaskan bahwa teh jahe dapat mengurangi gejala pilek dan flu pada orang dewasa.

Cara membuat teh jahe untuk mengobati flu, pilek dan radang tenggorokan:


  1. Potong rimpang jahe sepanjang kurang lebih 5cm, cuci bersih kemudian diparut.
  2. Masukkan parutan jahe ke dalam cangkir, tuang dengan air mendidih dan biarkan selama 5 menit.
  3. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan dengan sesendok madu.


Gingerol dan shaogal adalah dua senyawa penting yang terkandung di dalam rimpang jahe yang bersifat anti-inflamasi (anti peradangan). Kedua senyawa ini membantu meringankan sakit tenggorokan dan membunuh rhinovirus yang menyebabkan pilek.

Untuk menyembuhkan flu, pilek dan radang tenggorokan, minum tiga gelas atau lebih teh jahe setiap hari sampai Anda sehat. Teh jahe ini juga dapat diminum untuk menghangatkan badan pada saat cuaca dingin.

Beberapa manfaat jahe lainnya


Melancarkan peredaran darah
Jahe mengandung magnesium dan seng yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, jahe juga memiliki sifat yang menghambat penumpukan kolesterol jahat di hati, yang juga bisa mencegah berbagai masalah kardiovaskular.

Memperbaiki pencernaan
Orang yang mengonsumsi air jahe setiap pagi cenderung memiliki masalah lebih sedikit dengan gangguan pencernaan dan sembelit. Kandungan serat pada jahe memfasilitasi gerakan usus yang sehat untuk membersihkan tubuh dari limbah sisa pencernaan.

Jahe secara alami bermanfaat membantu mengontrol asam lambung berlebih dan penumpukan gas di usus.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkonsumsi jahe secara teratur memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga daya tahan tubuh tetap kuat terhadap kemungkinan infeksi, flu, batuk, pilek atau penyakit kronis. Ini juga mengurangi risiko stroke dan sangat berguna untuk melawan infeksi bakteri usus.

Meredakan nyeri sendi
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan sendi serta penyakit umum lainnya.

Mencegah penuaan dini
Teh jahe memiliki kandungan antioksidan, vitamin dan mineral yang tinggi, sempurna untuk melawan efek negatif radikal bebas. Zat-zat ini menghambat kerusakan sel dan mencegah penyakit kronis seperti kanker, Alzheimer, dan radang sendi.

Karena jahe membantu detoksifikasi tubuh Anda, efeknya juga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.

Menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh
Mengkonsumsi teh jahe secara rutin sangat membantu Anda menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Pengobatan dengan jahe tidak disarankan bagi orang-orang dengan kondisi berikut:

  • wanita hamil
  • orang yang ingin menaikkan berat badan
  • orang yang memiliki kelainan darah (hemophilia)
  • orang yang mengkonsumsi obat diabetes dan darah tinggi


Komentar